Instalasi-Listrik-Rumah-Tangga

Cara Pemasangan Instalasi Listrik Rumah Tangga yang Aman

Saat ini, masyarakat membutuhkan listrik tidak hanya untuk penerangan saja. Ada banyak peralatan rumah tangga yang memerlukan aliran listrik agar bisa berfungsi. Itulah mengapa, instalasi listrik rumah tangga amat penting dan harus terpasang dengan baik, juga aman. Agar Anda mudah dalam beraktivitas dan bisa hidup nyaman.

Kali ini, kami akan mengulas secara lengkap mengenai cara instalasi listrik rumah tangga. Anda bisa memperhatikan setiap tahapannya, agar bisa mengaplikasikannya. Namun sebelumnya, kita akan mempelajari terlebih dahulu apa maksud dari instalasi listrik.

Arti Instalasi Listrik

Instalasi listrik adalah rangkaian alat listrik yang terhubung antara satu dengan lainnya, dan bertujuan untuk membentuk lingkup tenaga listrik. Supaya kebutuhan kita atas listrik dalam kegiatan sehari-hari dapat terpenuhi, perlu adanya instalasi listrik rumah tangga sederhana.

Di mana instalasi listrik rumah tangga tersebut akan menyalurkan aliran listrik, baik yang berasal dari PLN, genset, panel surya, dan berbagai sumber listrik lainnya. Pemasangan instalasi listrik harus sesuai standar, agar terjamin keamanannya. Meminimalisir risiko korsleting, kebocoran listrik, kebakaran, dan risiko lainnya.

Sebelum melakukan pemasangan, ada baiknya Anda membuat perencanaan berupa desain atau gambar rencana instalasi. Di bawah ini, tiga jenis gambar instalasi listrik rumah tangga sederhana berdasarkan denah bangunan yang bisa Anda gunakan sebagai perencanaan instalasi.

3 Jenis Gambar Instalasi Listrik Rumah Tangga

Supaya memudahkan perencanaan instalasi, memerlukan gambar denah bangunan sederhana sebagi patokannya. Dengan begitu Anda bisa menempatkan saklar maupun stop kontak dengan lebih rapi dan efisien. Berikut jenis-jenis gambar yang akan Anda butuhkan dalam tahap perencanaan ini.

Gambar Situasi

Jenis gambar yang pertama ini berfungsi untuk menginformasikan letak pemasangan instalasi listrik dalam bangunan. Selain itu, juga menunjukkan rencana penempatan alat-alat listrik, sambungannya, dan pendataan kebutuhan atas setiap peralatan listrik.

Gambar Diagram Perencanaan Instalasi Listrik/Diagram Garis Tunggal

Penerapan gambar diagram ini lebih banyak pada instalasi listrik rumah tangga ataupun gedung yang sederhana. Melalui gambar diagram garis tunggal ini, Anda dapat mengetahui diagram perlengkapan yang meliputi:

  • Keterangan daya dari setiap komponen
  • Total beban yang terpasang
  • Ukuran dari masing-masing jenis hantaran dalam instalasi
  • Sistem dari instalasi listrik

Gambar Lengkap/Detail

Terakhir yaitu gambar detail yang berisi prediksi ukuran panel dan fisik, cara memasang instalasi listrik, pemasangan kabel, serta mekanisme kerja instalasi kontrol.

Langkah-langkah ketika Memasang Instalasi Listrik Rumah Tangga

Setelah membuat perencanaan dalam bentuk gambar, Anda ikuti beberapa langkah berikut ini supaya pemasangan instalasi listrik tepat dan memberi hasil terbaik.

Memastikan Ukuran Rumah dan Besarnya Daya Listrik yang Anda Butuhkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan memasang instalasi listrik rumah tangga adalah memastikan ukuran rumah atau bangunan. Tujuannya agar mudah dalam memperkirakan panjang kabel yang Anda perlukan untuk jalur utama dari instalasi listrik.

Selanjutnya, pastikan juga ukuran tiap-tiap ruangan yang ada dalam rumah tersebut. Masih untuk memperkirakan panjang kabel, tetapi yang akan digunakan untuk memasang saklar, juga lampu di dalam ruangan.

Terakhir, pastikan juga besarnya daya listrik yang Anda butuhkan, agar bisa menentukan ukuran MCB (Mini Circuit Breaker) yang nantinya berada di dalam rumah.

Menyiapkan Berbagai Material Pendukung Pemasangan Instalasi Listrik

Pada saat Anda akan memasang instalasi listrik, memerlukan beberapa material pendukung untuk menyempurnakan. Sebut saja seperti ELCB, MCB, saklar tunggal dan ganda, lampu, stop kontak, kotak sambungan, isolasi, kabel, dan masih banyak lagi.

Pastikan Anda sudah mempersiapkan material-material tersebut dengan kualitas yang baik sekaligus aman.

Mempersiapkan Peralatan

Setelah materi instalasi listrik rumah tangga sudah siap, kini Amda harus mempersiapkan peralatan untuk proses pemasangan. Dengan alat-alat yang tepat, perkerjaan akan jauh lebih mudah selesai. Adapun peralatan yang harus Anda siapkan seperti test pen, tang, obeng dan alat untuk membobol dinding.

Membobol Dinding

Usai mempersiapkan segala kebutuhan pemasangan instalasi listrik, kini saatnya Anda membobol dinding. Fungsi dari langkah ini ialah untuk menyiapkan tempat instalasi itu sendiri, tempat untuk stop kontak, dan tempat untuk meletakkan saklar.

Di sinilah peran gambar perencanaan atau denah bekerja, yakni menjadi panduan dalam pemasangan instalasi serta, pembobolan dinding. Oleh karena itu, gambar perencanaan harus sederhana dan mudah dipahami.

Pembuatan Jalur Kabel

Langkah berikutnya ialah pembuatan jalur untuk kabel. Caranya yaitu dengan melubangi dinding sesuai kebutuhan. Pada umumnya, pembuatan jalur kabel ini di sekitar plafon rumah. Anda membutuhkan pipa PVC ⅝ dalam proses ini. Pipa tersebut nantinya akan menjadi wadah kabel, sehingga tidak mudah rusak dan lebih aman.

Pastikan Anda memakai kabel yang sesuai standar SNI. Dengan begitu, terjamin kualitas dan keamanannya, karena tidak mudah rusak sehingga meminimalkan risiko korsleting. Pembagian jalur juga harus sesuai kebutuhan. Agar Anda bisa lebih mudah dalam menangani kerusakan dan kabel juga lebih tahan lama.

Pemasangan MCB dan Kabel

Selanjutnya, Anda sudah bisa mulai memasang MCB box dan juga kabel. Sangat disarankan untuk memasang MCB pada instalasi listrik rumah tangga, karena akan menyelamatkan Anda dari kemungkinan adanya kebocoran arus listrik ataupun korsleting.

Pemasangan MCB box sendiri harus dekat dengan sumber listrik. Tujuannya adalah agar Anda tidak kesulitan saat memasang kabel. Pemasangan kabel menjadi penentu keberhasilan memasang instalasi listrik. Jadi, pasanglah kabel sesuai dengan standar PLN.

Umumnya, jalur utama instalasi akan memakai tiga jenis kabel, di antaranya kabel merah, biru, dan kuning-hijau atau kabel arde.  Setelah menghubungkan kabel jalur utama pada MCB, kemudian Anda tinggal menyambungnya ke saklar, stop kontak dan lain sebagainya. Jangan lupa gunakan wire nut, agar kabel lebih aman dan rapi.

Finishing

Langkah terakhir yaitu tahap finishing. Di mana Anda memasang semua material pendukung instalasi listrik dan merapikannya. Anda juga bisa menutup kembali dinding yang menjadi jalur kabel, selain lebih rapi tentu untuk tetap menjaga estetika rumah atau bangunan.

Hal paling penting, jangan lupa memasang kabel arde untuk grounding. Pemasangan kabel ini tidak terhubung dengan kabel instalasi lainnya, melainkan langsung mengarah ke bumi atau tanah.

Tujuan dari adanya pemasangan grounding pada instalasi listrik adalah melindungi dari sambaran petir, korsleting dan bocornya arus listrik.

Jadi, dari ulasan di atas bisa kita simpulkan bahwasanya keberadaan instalasi listrik rumah tangga amatlah penting untuk menunjang kehidupan. Baik profesional maupun orang awam bisa memasang instalasi listrik, asalkan paham dengan standar PLN.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah atau tata cara pemasangan instalasi yang sudah kami hadirkan di atas. Pastikan untuk mengikuti setiap langkahnya dengan tepat. Jangan lupa perhatikan juga beberapa tips yang tersemat di setiap tahapannya. Dengan begitu, Anda bisa memasang instalasi listrik dengan baik dan aman.

Demikian penjelasan tentang cara pemasangan instalasi listrik rumah tangga yang perlu Kamu pahami. Mudah-mudahan, artikel yang fairburynewsnow.com berikan dapat memberi banyak manfaat untuk Kamu semua.