Fiber-Optik-Adalah

Pengertian Kabel Fiber Optik : Fungsi, Cara Kerja Dan Bagiannya

Kabel fiber optik adalah jenis kabel jaringan terbaru dan canggih. Banyak orang berbicara tentang kabel fiber optik dan tidak menyadari bahwa itu bukan seperti kabel pada umumnya.

Lalu muncul pertanyaan, apa yang dimaksud dengan fiber optik? Untuk itu mengetahuinya simak materi fiber optik dibawah ini

Pengertian Kabel Fiber Optik

Pengertian-Kabel-Fiber-Optik-dan-Fungsinya

Kabel fiber optik adalah jenis kabel jaringan yang terbuat dari bahan yang memungkinkan cahaya mengalir melaluinya. Ini bisa terbuat dari bahan plastik dan kaca dengan ukuran yang sangat halus.

Teknologi fiber optik adalah sistem komunikasi berbasis kabel yang efektif. Ini dapat diandalkan, serbaguna, dan banyak digunakan di banyak aplikasi dan industri.

Kabel fiber optik digunakan untuk mentransfer informasi melalui pulsa cahaya, yang melewati satu atau lebih pipa plastik atau kaca transparan.

Kabel jenis ini berukuran sangat kecil dan hanya berdiameter 120 mikrometer. Namun demikian, ternyata fiber optik memiliki banyak keunggulan.

Salah satu keunggulannya yakni terkait dengan tingkat kecepatan transfer data yang relatif tinggi. Dengan cara mengirimkan sinyal dengan cepat dari satu lokasi ke lokasi lain dengan menggunakan pembiasan cahaya.

Karena kelebihan yang dimiliki fiber optik inilah menjadi alasan untuk menjadikan kabel utama dalam jaringan komputer dan jalur komunikasi.

Kabel fiber optik juga diproduksi dalam berbagai jenis yang berbeda. Ini sesuai dengan jenis dan persyaratan standar kabel fiber tertentu.

Oleh karena itu, ada dua jenis kabel fiber optik yaitu Kabel Fiber Optik Single Mode dan Kabel Fiber Optik Multimode.

Bagian Bagian Kabel Fiber Optik

Bagian-Bagian-Kabel-Fiber-Optik

Seperti jenis kabel lainnya, Kabel fiber optik ini juga terdiri dari beberapa komponen. Berikut adalah bagian bagian fiber optik:

  1. Bagian Inti (Core)
  2. Cladding
  3. Lapisan Coating (Buffer)
  4. Outer Jacket

Di bawah ini adalah penjelasan dari masing-masing bagian dari kabel fiber optik yang dapat Kamu lihat di bawah ini.

Bagian Inti (Core)

Bagian ini adalah bagian tengah dari kabel yang dilalui cahaya. Itu terbuat dari kaca atau plastik dan memiliki diameter inti antara 50 dan 125 mikron.

Pada bagian inti inilah terdapat gelombang cahaya yang kemudian akan ditransmisikan dari satu titik ke titik lain melalui transduser. Proses ini menciptakan indeks bias.

Proses indeks bias yang dihasilkan oleh lapisan inti lebih efisien dibandingkan dengan lapisan lainnya. Core merupakan komponen yang terbuat dari plastik dan kaca.

Cladding

Cladding fiber optik adalah bahan yang mengelilingi inti, tetapi memiliki indeks bias lebih rendah. Ini membantu memantulkan cahaya ke inti, mencegahnya keluar.

Lapisan cladding memiliki diameter yang lebih besar dari core yang memiliki diameter antara 5 sampai dengan 250 mikron. Ini terbuat dari kaca atau fiber sebagai bahan pembuatnya.

Meski sama-sama terbuat dari kaca, lapisan ini menghasilkan indeks bias yang lebih rendah daripada bagian inti kabel.

Gelombang cahaya pada lapisan cladding akan dipantulkan dari satu sisi ke sisi lainnya. Selanjutnya inti kabel akan mendapatkan sinyal cahaya yang dipantulkan oleh lapisan cladding.

Lapisan Coating (Buffer)

Lapisan coating fiber optik ini mengelilingi cladding dan melindunginya dari kerusakan yang terjadi baik di dalam maupun di luar ruangan.

Berbagai masalah kabel dapat diminimalisir atau dihilangkan dengan lapisan buffer ini. Contohnya kebocoran arus, kabel lecet, putus, kabel melengkung dan berbagai masalah fisik lainnya.

Lapisan coating juga memiliki komponen pelindung. Namun tidak seperti yang ditemukan pada bagian inti dan cladding.

Outer Jacket

Outer jacket ini memegang peranan penting dalam komponen fiber optik. Karena jaket atau lapisan luar merupakan pelindung utama dari sebuah kabel fiber optik.

Lokasinya sendiri biasanya berada di lapisan terluar dari fiber. Komponen ini biasanya digunakan untuk melindungi seluruh bagian kabel.

Cara Kerja Kabel Fiber Optik

Cara-Kerja-Fiber-Optik

Dalam memahami cara kerja kabel fiber optik dan bagaimana data dikirim melalui kabel optik, penting untuk dicatat bahwa ada banyak komponen yang terlibat dalam konstruksi fiber optik.

Jadi prinsip kerja fiber optik adalah, dalam fiber optik, laser semikonduktor mengirimkan data dalam bentuk cahaya bersama dengan fiber kaca (optik) setipis rambut pada kecepatan cahaya (186.000 mil detik) tanpa kehilangan intensitas yang signifikan pada jarak yang sangat jauh.

Sistem ini mencakup kabel serat optik yang terbuat dari benang kecil dari kaca atau plastik. Pada gambar diatas merupakan blok diagram mengenai prinsip kerja kabel fiber optik.

Karakteristik Kabel Fiber Optik

Karakteristik utama dari kabel Fiber Optik adalah sebagai berikut:

  • Kabel serat optik dapat mensupport bandwidth yang terlalu tinggi dalam kisaran dari 100 Mbps hingga 2 gigabyte karena cahaya memiliki frekuensi yang jauh lebih besar daripada listrik.
  • Beberapa node yang dapat disediakan fiber optik tidak bergantung pada panjangnya tetapi pada hub yang menghubungkan kabel.
  • Kabel fiber optik tahan terhadap interferensi elektromagnetik dan dapat digunakan di mana tegangan tinggi ditransmisikan.
  • Pengaturan kabel serat optik rumit dan tidak ada habisnya.

Fungsi Kabel Fiber Optik

Fungsi-Kabel-Fiber-Optik

Secara umum fungsi kabel fiber optik hampir sama dengan fungsi kabel listrik yakni sebagai media penghantar.

Satu-satunya perbedaanya yakni, Kabel fiber optik digunakan sebagai penghubung antara jaringan, sedangkan kabel listrik berfungsi untuk menghantarkan arus listrik.

Jadi, Fungsi utama kabel fiber optik adalah sebagai media penghubung antar jaringan.

Sehingga fiber optik dapat membantu dalam mempercepat proses transfer data. Caranya adalah dengan menggunakan metode pembiasan cahaya.

Modulasi kode pulse digunakan oleh fiber optik saat proses transmisi data. Ferat optik bekerja dengan mengubah data analog yang diterima menjadi biner menggunakan sinyal cahaya.

Kelebihan kabel fiber optik sebagai kabel transmisi adalah tidak menggunakan arus listrik sehingga tidak terjadi interferensi elektromagnetik.

Oleh karena itu serat optik sebagai media transmisi sangat cocok digunakan untuk mengirim data dalam jaringan karena kecepatannya yang tinggi dan aksesibilitas yang stabil.

Kegunaan Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik digunakan dalam aplikasi jaringan tetapi juga dapat digunakan dalam televisi kabel dan sistem telepon. Kabel fiber optik juga dapat menghubungkan komputer satu sama lain dan internet.

Kabel serat optik digunakan dalam banyak aplikasi industri termasuk:

  • Dirgantara dan Pertahanan
  • Otomotif
  • Komputer dan Periferal
  • Elektronik Konsumen
  • Energi
  • Pemantauan Lingkungan
  • Kontrol Industri dan Robotika
  • Alat kesehatan
  • Telekomunikasi

Kabel fiber optik untuk jaringan internet

Salah satu penggunaan yang paling umum dari kabel fiber optik adalah untuk koneksi broadband. Kabel fiber optik dapat mengirimkan data pada kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada kabel tembaga, menjadikannya ideal untuk digunakan dalam koneksi internet berkecepatan tinggi.

Kabel fiber optik juga jauh lebih rentan terhadap gangguan daripada kabel tembaga, membuatnya lebih andal untuk transmisi data.

Kabel fiber optik untuk TV kabel

Kabel fiber optik adalah cara terbaik untuk menerima sinyal televisi berkualitas HD. Sinyal cahaya berjalan di sepanjang untaian ini dan diubah menjadi sinyal listrik yang dapat dipahami oleh TV kabel.

Kabel serat optik mengirimkan lebih banyak informasi daripada kabel tembaga, dan dapat mengirimkan sinyal berkualitas HD tanpa takut kehilangan kualitasnya.

Kelebihan dan Kekurangan Fiber Optik

Seperti jenis kabel lainnya, Fiber optik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik.

Simak penjelasan berikut ini, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik.

Kelebihan Kabel Fiber Optik

Fiber optik banyak digunakan dalam industri telekomunikasi dan jaringan komputer karena memiliki banyak keunggulannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari fiber optik:

  • Bandwidth di atas kabel tembaga
  • Lebih sedikit kehilangan daya dan memungkinkan transmisi data untuk jarak jauh
  • Kabel fiber optik tahan terhadap interferensi elektromagnetik
  • Kabel fiber berukuran 4,5 kali lebih baik dari kabel tembaga
  • Karena kabel lebih ringan, lebih tipis, sehingga mereka menggunakan lebih sedikit space dibandingkan dengan kabel tembaga
  • Pemasangannya sangat mudah karena bobotnya yang lebih ringan.
  • Kabel fiber optik sangat sulit untuk disadap karena tidak menghasilkan energi elektromagnetik. Kabel serat optik ini sangat aman untuk transmisi data.
  • Kabel fiber optik sering dibuat lebih murah daripada kabel tembaga dengan panjang yang setara.
  • Cahaya memiliki kecepatan tercepat di alam semesta, sinyal yang jauh lebih cepat
  • Kabel fiber optik memungkinkan lebih banyak kabel daripada kabel twisted pair tembaga
  • Kabel serat optik memiliki bandwidth lebih banyak daripada kabel twisted pair tembaga.

Kekurangan Kabel Fiber Optik

Terlepas dari berbagai kelebihan fiber optik yang telah kita bahas di atas, Fiber optik juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Kita perhatikan. Berikut adalah kekurangan dari kabel fiber optik:

  • Pemasangan kabel tersebut hemat biaya. mereka tidak sekuat kabel tembaga. Peralatan khusus biasanya diperlukan untuk instalasi fiber optik
  • Kabel ini sangat rentan saat pemasangan
  • Kabel ini lebih halus daripada kabel tembaga
  • Diperlukan perangkat khusus untuk memastikan transmisi kabel fiber optik
  • Kabel fiber optik sulit dipasang. Dibutuhkan mesin penyambung yang mahal dan spesialis terlatih untuk memasang kabel serat optik

Kesimpulan

Kabel fiber optik adalah jenis kabel yang paling umum digunakan dalam industri telekomunikasi dan jaringan komputer. Kabel ini terbuat dari bahan plastik atau kaca dengan diameter 120 mm.

Fiber optik dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal optik dari satu tempat ke tempat lain. Proses transmisi ini sangat cepat karena memanfaatkan pembiasan cahaya.

Demikian penjelasan tentang pengertian kabel fiber optik dan fungsinya yang perlu Kamu pahami. Mudah-mudahan, artikel yang fairburynewsnow.com berikan dapat memberi banyak manfaat untuk Kamu semua.